fbpx
  • Jam Buka Toko: Jam 09.00 s/d 20.30 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 081932692772
  • SMS/WA: 081932692772
  • sewaajahid@gmail.com
Terpopuler:

Sewa Baju Adat Manado Sulawesi Utara di Bekasi

08 October 2019 - Kategori Blog

sewa baju adat manado putih dewasa sewa baju adat manado dewasa

Manado merupakan ibukota Sulawesi Utara. Di daerah Sulawesi Utara ini berdiam banyak suku diantaranya adalah suku Minahasa. Pakaian adat masing masing suku hampir sama yang membedakan adalah aksesoris yang mereka pakai. Untuk pria biasanya terletak pada motif hiasan di dada dan penutup kepala mereka, untuk wanita biasanya terletak pada hiasan di kepala serta gelang yang dipakainya.

Dahulu baju adat wanita manado untuk kesehariannya berupa pakaian sejenis kebaya yang disebut dengan wuyang atau pakaian kulit kayu. Wanita manado juga memakai blus atau gaun disebut dengan pasalongan rinegetan dengan bawahan terbuat dari hasil tenunan bentenan.

Baju Adat Manado suku Minahasa

Pada upacara perkawinan, pengantin wanita memakai pakaian yang terdiri atas baju kebaya warna putih dan kain sarung bersulam warna putih dengan sulaman motif sisik ikan. Model pakaian pengantin wanita ini dinamakan baju ikan duyung. Selain sarung yang bermotif ikan duyung, terdapat juga sarung motif sarang burung yang disebut model salimburung, sarung motif kaki seribu yang disebut model kaki seribu dan sarung motif bunga yang disebut laborci-laborci.

Baju Adat Nikah Manado

Aksesoris yang dipakai dalam pakaian pengantin wanita adalah sanggul atau bentuk konde, mahkota (kronci), kalung leher (kelana), kalung mutiara (simban), anting dan gelang. Konde yang menggunakan 9 bunga Manduru rutih disebut konde lumalundung, sedangkan konde yang memakai 5 tangkai kembang goyang disebut konde pinkan. Motif mahkota pun bermacam-macam, seperti motif biasa, bintang, sayap burung cendrawasih dan ekor burung cendrawasih.

Baju adat Manado ini biasa digunakan oleh para pasangan masyarakat Manado yang ingin melangsungkan akad pernikahan.

 

Baju Adat Manado yang berasal dari Sulawesi Utara ini dinamakan dengan Bolaang Mongondow. Bolaang Mangondow yaitu suatu etnis suku di Sulawesi Utara yang pada zaman dahulu pernah membentuk sebuah kerajaan yang bernama yang sama. Etnis suku tersebut mempunyai kebudayaan cukup maju di masa lampau. Hal tersebut terbukti oleh beraneka ragam jenis pakaian adat Sulawesi Utara yang dimiliki sesuai dengan penggunaannya.

 

Meskipun begitu, pada saat ini busana keseharian ini telah telah menjadi langka bahkan sulit ditemukan. Sebagian besar masyarakat lebih suka ,mengikuti perkembangan zaman sehingga lebih memilih memakai busana dengan bahan kapas.

 

Dalam acara perayaan atau upacara adat, pakaian adat Sulawesi ini dipakai oleh penduduk Bolaang Mangondow yang dikenal dengan nama Baniang untuk laki-laki dan Salu untuk perempuan. Baniang adalah pakaian dari kombinasi antara destar yang diikat pada kepala dan pomerus yang diikatkan di pinggang. Sedangkan salu adalah busana dengan kelengkapan berupa kain sengket pelekat sebagai pakaian atasan dan bawahan serta hiasan emas untuk bagian dada yang dinamakan hamunse.

 

Baju adat Manado ini dinamakan nggembe, di Sulawesi dikenal dengan bentuknya yang segi empat, berlengan lebar, berkerah bulat, dan memiliki panjang hingga pinggang. Jeni baju adat ini digunakan bukan untuk sembarang acara melainkan hanya dalam acara-acara  tertentu saja. Seperti pada upacara adat ataupun acara pernikahan.

 

Baju adat Manado tersebut kini bisa anda dapatkan di Sewaajah. Disini kami menyediakan beberapa jenis baju adat Manado dengan harga yang sangat terjangkau dan kualitas yang sangat bagus. Jika anda berminat buruan kuy sewa di Sewaajah dijamin puas deh guys…hehe

 

Info Kontak

Telp. 081932692772

Whatsapp: 081932692772

Alamat: salon Ulfa/Sewaajah, Perum. Duta Kranji blok D, Bintara, Kec. Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 17134

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *