fbpx
  • Jam Buka Toko: Jam 09.00 s/d 20.30 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 081932692772
  • SMS/WA: 081932692772
  • sewaajahid@gmail.com
Terpopuler:

Sewa Baju Adat Madura di Bekasi

08 October 2019 - Kategori Blog

Madura merupakan sebuah pulau yang ada di bagian timur laut Pulau Jawa. Pulau ini memiliki luas sekitar 5.168 km persegi yang mayoritasnya dihuni oleh suku Madura. Bukti dari kemajuan dan kebudayaan Madura salah satunya dapat dilihat dari segi pakaian adat Madura yang hingga saat ini masih dilestarikan.

Baju Adat Madura terkenal dengan kaos bergaris garis merah putih, namun ternyata masih ada beberapa nama pakaian adat Madura lainnya seperti berikut:

 

  1. Baju Adat Madura Untuk Perempuan

Kebaya merupakan salah satu jenis baju adat tradisional dari Madura. Baju Adat  Kebaya Madura ini sama halnya dengan pakaian wanita Jawa lainnya,baju ini disebut dengan kebaya rancongan dan juga kebaya tanpa kutu baru. Kebaya Madura dipakai dengan dalaman berwarna kontras yang ketat pada tubuh.

 

Umumnya, warna yang dipakai untuk kebaya adalah warna merah, biru dan juga hijau sehingga akan menerawang keluar ketika dikenakan karena bahannya yang sangat tipis. Kebaya tersebut nantinya akan dikenakan dengan paduan sarung batik berbagai motif dan juga stagen jawa.

 

  1. Baju Adat Madura Untuk Laki Laki

Baju adat Madura laki-laki ini biasanya dipakai oleh tukang sate. Kaos belang warna merah-putih atau merah-hitam dilengkapi dengan baju dan celana hitam longgar. Baju ini biasanya digunakan sebagai baju sehari-hari laki-laki Madura. Baju adat Madura ini disebut dengan baju Pesa’an. Baju Pesa’an dilengkapi dengan penutup kepala berbahan dasar kain yang disebut dengan Odheng serta sabuk Katemang dan sarung kotak-kotak.

 

  1. Baju Adat Madura Khusus Pengantin

 

Selain baju adat Jawa Timur khususnya dari masyarakat Madura yang disebut dengan Pesa’an, Jawa Timur juga masih memiliki 1 baju adat lagi yang disebut dengan baju Mantenan. Baju mantenan adalah baju adat khas Jawa Timur yang dipakai oleh sepasang pengantin.

 

Baju adat Madura yang satu ini umumnya di kenakan untuk upacara pernikahan. Dikarenakan mendapat banyak pengaruh kebudayaan dari Jawa Tengah, maka  baju adat yang dikenakan oleh masyarakat Jawa Timur (Mantenan) hampir mirip dengan baju adat Jawa Tengah.

 

Baju Adat Pengantin Madura Tradisional

Terdapat beberapa perbedaan yang paling mencolok pada pakaian adat tradisional Madura ini yaitu pada penggunaan penutup kepala atau odheng, arloji rantai, sebum dhungket atau tongkat, serta kain yang di selempangkan dari bahu kanan ke bahu kiri dengan motif hitam dan merah.

Sewaajah kini menyediakan jasa penyewaan Baju Adat Madura. Pastinya dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang sangat terjamin. So buruan sewa di sewaajah, dijamin bakalan puassss deh….. . So tunggu apalagi guys, kuy cussss ke sewaajah !!!!!!!!!

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi kami di bawah ini:

Info Kontak:

Telp. 081932692772

Whatsapp: 081932692772

Alamat: salon Ulfa/Sewaajah, Perum. Duta Kranji blok D, Bintara, Kec. Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 17134

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *