Ciri Khas Pakaian Adat Aceh

02 January 2019 - Kategori Blog

CIRI KHAS PAKAIAN ADAT ACEH

Pakaian adat aceh untuk pria Linta Baro sedangkan untuk wanita adalah Daro Baro. Pada bagian atas pakain Linta baro disebut meukasah sedangkan pada bawahannya yaitu celana panjang hitam disebut Siluweu. Sedangkan pada pakaian yang dikenakan oleh wanita warnanya lebih cerah.

Berikut Pakaian Adat Aceh Yang Perlu Diketahui:

 sewa baju adat aceh

Pakaian Adat Aceh Laki-Laki :

  1. Meukeusah

Baju adat Aceh Meukeusah adalah umumnya memiliki warna dasar hitam, warna ini memiliki simbol kebesaran dalam adat Aceh. baju Meukasah dipercaya sebagai lambang kebesaran masyarakat Aceh. Dalam baju meukasah dapat pula ditemukan sulaman emas yang hampir sama dengan baju khas masyarakat China. Sulaman emas ini biasanya terdapat di kerah meukasah. Hal ini disebut-sebut karena terjadinya akulturasi budaya melayu dengan budaya China yang dibawa oleh para pedagang dan pelaut yang melewati Aceh kala itu.

  1. Celana Sileuweu

celana panjang yang dikenakan pada pakaian adat Aceh untuk laki-laki juga berwarna hitam. Akan tetapi, celana atau dalam Bahasa Aceh disebut Sileuweu ini dibuat dari bahan kain katun. Beberapa sumber menyebut nama celana ini adalah Celana Cekak Musang. Celana khas dari adat Melayu.

Celana panjang ini, selain sileuweu juga memiliki nama sebutan lain yaitu Celana Cekak Musang. Aksesoris lain yang ditambahkan adalah sarung yang disebut dengan ija lamgugap, ija krong, atau ija sangket. Kain ini merupakan kain songket yang terbuat dari sutra. Cara penggunaan sarung ini adalah dengan cara mengaikatkannya ke pinggang dengan panjang selutut atau kira-kira 10 cm di atas lutut.

3.    Tutup Kepala untuk Baju Adat Aceh

Tutup kepala atau yang biasa disebut kopyah menambah kuatnya pengaruh budaya Islam di tanah Aceh. Kopiah yang biasa disebut dengan meukeutop ini merupakan penutup kepala yang berbentuk kopiah lonjong ke atas. Selain itu, meukeutop ini dilengkapi dengan lilitan tangkulok yang merupakan lilitan yang terbuat dari tenan kain sutra dengan hiasan bintang berbentuk persegi 8 yang terbuat dari emas atau kuningan.

Senjata Tradisional Aceh

Tentunya tidak lengkap jika pakaian adat tidak disandingkan dengan senjata tradisional khas daerah. Rencong merupakan senjata khas Aceh yang diselipkan di bagian pinggang pria dengan memperlihatkan bagian gagang senjata.

 

Pakaian Adat Aceh wanita :

  1. Baju kurung

Tetap memegang teguh kebudayaan yang Islami, baju adat Aceh untuk perempuan bagian atas adalah baju kurung. Baju kurung yang digunakan pun tentunya yang berlengan panjang. Selain itu, baju kurung yang digunakan cenderung longgar agar menutupi seluruh tubuh wanita dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh dan aurat. Baju kurung khas Aceh ini sekilas merupakan bentuk akulturasi dari budaya Arab, Melayu dan Tionghoa

  1. Celana cekak musang

Celana cekak musang memang dapat digunakan oleh pria maupun wanita. Penggunaannya pun tidak beda jauh dengan cara penggunaan celana  cekak musang pada laki-laki. Celana cekak musang dilengkapi dengan sarung dengan panjang selutut. Biasanya, celana cekak musang sering digunakan saat penampilan tari saman yang merupakan tarian khas Aceh.

  1. Penutup kepala

Sebagai hasil akulturasi budaya Arab dan Melayu, maka tidak heran jika pengantin wanita dituntut untuk sebisa mungkin untuk menutupi seluruh anggota tubuhnya dari ujung kepala hingga kaki. Pengantin perempuan Aceh biasanya menutup kepalanya dengan menggunakan kerudung yang dihiasi dengan patham dhoi. Patham dhoi merupakan hiasan yang terbuat dari bunga-bunga sungguhan yang masih segar.

  1. Perhiasan

Mulai dari patham dhoe perhiasan yang diletakkan pada dahi yang berbentuk mahkota yang terbuat dari emas 24 karat ditambah dengan 5 butir serkonia putih, beratnya mencapai 160 gram hingga gleueng goki yaitu gelang kaki yang terbuat dari tembaga yang berlapiskan perak.

Nah demikianlah penjelasan mengenai pakaian adat aceh baik laki-laki maupun wanita. Pakaian adat aceh saat ini umumnya hanya di gunakan untuk upacara adat seperti upacara pernikahan (dipakai oleh pengantin) atau di gunakan saat pertunjukaan seni tari saman. Jika anda yang ingin memakai pakaian adat dari aceh pada acara acara tertentu  tetapi tidak mempunyai, bisa sewa di sewa baju adat murah atau sewaajah tentunya apabila sewa baju adat disan tidak perlu mencuci dan menyetrika nya.

 
Chat via Whatsapp