Cara Dan Tips Mencuci Jas Sendiri Di Rumah

31 December 2018 - Kategori Blog

 Cara Dan Tips Mencuci Jas Sendiri Di RumahMencuci jas pria di rumah bisa saja terdengar seperti tugas yang mustahil. Karena harganya yang mahal, Anda takut merusaknya ketika mencucinya sendiri maka sebagian besar seseorang selalu membawa nya ke laundry, padahal jika di cuci dirumah bisa dilakukan jika dengan hati hati dan mengikuti cara aturan cuci nya.

Di artikel ini kami akan memberikan tips mencuci jas sendiri di rumah, dilengkapi cara menyetrika

Saat ini sudah banyak mesin cuci yang memiliki fitur delicate yang setara dengan fitur handwash yang bisa Anda manfaatkan, jadi mencuci jas tetap bisa dilakukan dengan mesin cuci namun tetap memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Selalu perhatikan label yang ada pada jas. Ikuti semua saran yang ada mulai dari suhu air sampai proses pengeringan yang dianjurkan.
  • Sebaiknya mencuci jas terpisah dengan pakaian lain untuk mengurangi risiko kelunturan dan kusut berlebihan.
  • Biasanya jas tidak terlalu kotor karena pemakaian yang jarang tapi jika terdapat noda sebaiknya bersihkan noda tersebut terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci.

Cara mencuci jas pria

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mencuci jas secara aman di rumah:

  • Pastikan jas tersebut bisa dicuci di mesin cuci dengan memeriksa label perawatannya.
  • Ketika Anda sudah yakin, tangani terlebih dahulu daerah-daerah yang biasanya bernoda, seperti ketiak dan kerah Tuangkan sedikit detergen cair ke kain lembap yang bersih, dan usapkan ke noda. Diamkan 15 – 30 menit.
  • Masukkan jas ke mesin cuci. Untuk menghindari kusut, cuci terpisah dari baju-baju lain. Jika Anda memiliki kantung khusus untuk mencuci baju berbahan sensitif, masukkan jas ke dalamnya terlebih dahulu.
  • Pilih siklus untuk baju-baju berbahan sensitif, biasanya tertulis delicate atau handwash. Set temperatur sesuai yang dianjurkan di label perawatan jas. Atau pilih siklus cuci biasa tapi dengan putaran pelan.
  • Tambahkan detergen cair. Untuk pilihan detergen sebaiknya pilih deterjen cair dan jangan gunakan deterjen bubuk apalagi detergen bubuk murahan yang beberapa partikelnya tidak larut dalam air.
  • Keluarkan segera setelah siklus cuci selesai, kemudian balik jas luar-dalam, dan jemur jas di hanger. Setelah agak kering, balik kembali jas ke posisi normal untuk menjaga bentuknya. Gantung jas kembali di hanger dan jemur di tempat teduh hingga kering.

Cara menyetrika jas

Cara Dan Tips Mencuci Jas Sendiri Di Rumah

Ada dua cara menyetrika jas sendiri di rumah, yaitu menggunakan setrika uap atau setrika biasa.

Menyetrika jas dengan setrika uap:

  • Gantung jas kering di hanger.
  • Siapkan setrika uap: masukkan air ke tangki airnya, kemudian biarkan hingga menghasilkan
  • Arahkan lubang-lubang uap setrika ke jas tanpa menyentuh jas, hingga seluruh permukaan jas terkena uap, depan dan belakang. Biarkan jas mengering di hanger.

Menyetrika jas dengan setrika biasa:

  • Panaskan setrika sesuai bahan jas. Setelah siap, coba setrika bagian yang kecil dan tersembunyi terlebih dulu. Jika setrika meninggalkan bekas, turunkan suhunya.
  • Letakkan kain tipis antara setrika dan jas, misalnya serbet bersih. Setrika secara keseluruhan.
  • Untuk menghindari lipatan tajam di bagian lengan, masukkan gulungan handuk ke lengan dan bahu jas, kemudian setrika sambil tetap dilapisi kain tipis.
  • Gantung jas di hanger. Jangan memakai hanger yang terbuat dari kawat atau besi karena bisa mengubah struktur bahu pada jas. Pilih hanger dengan ujung membulat yang terbuat dari kayu alami. Kayu bisa membantu menyerap kelembapan pada serat kain, membuatnya tetap bagus lebih lama.

Begitulah tips dan cara dari kami tentang cara mencuci jas kesayangan anda. jika anda tidak mempunyai jas dan ingin memakai jas pada acara acara tertentu anda bisa sewa jas di sewaajah atau sewa jas murah dan lengkap tentunya apabila sewa jas di sana anda tidak perlu mencuci dan menyetrika.

 
Chat via Whatsapp